10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jember

Paket Wisata Malang – Propinsi Jawa Timur punya banyak sekali daerah yang memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah kabupaten Jember.

Kabupaten Jember juga berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten yang sudah memiliki nama di kalangan pecinta jalan-jalan.

Antara lain Banyuwangi di sebelah timur, Bondowoso dan Probolinggo di sebelah utara serta Lumajang di sebelah barat.

Tempat-tempat wisata di Jember banyak didominasi oleh pantai. Di lingkungan kota, juga ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh mereka yang sedang jalan-jalan ke Jember.

Jember juga punya agenda tahunan yang tak boleh dilewatkan yakni Jember Fashion Carnival (JFC) yang diadakan di pusat kota. Kalau kamu berencana jalan-jalan ke Jember, berikut ini adalah 10 tempat wisata yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi di Jember.

1. Pantai Payangan

Keberadaan Pantai Payangan ini belum diketahui oleh banyak orang. Walau tak memilki pasir putih seperti pantai-pantai di Indonesia timur, pesona pantai Payangan tak kalah asik. Pantai ini terutama sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang sering mengeksplore tempat-tempat baru.

Pantai Payangan merupakan sebuah pantai yang cukup unik. Di pantai ini terdapat bukit-bukit yang cukup tinggi, mengingatkan kita pada pada pantai Mawun di Lombok. Banyak nelayan yang melakukan aktivitas di pantai yang membuat kunjunganmu ke pantai ini akan semakin bermaknda ketika menyaksikan bagaimana para nelayan beraktivitas.

2. Pantai Watu Ulo

Jika di-Indonesia-kan, Watu Ulo berarti batu ular. Namanya memang agak ngeri. Namun, suasana dan pemandangan di pantai tak seperti namanya karna suasana dan pemandanga di pantai ini sangat indah. Banyak batu-batu karang yang menghiasi pantai. Lokasi pantai ini berada sekitar 40 km ke selatan dari kota Jember. Tepatnya di desa desa Sumberejo, kecamatan Ambulu.

Nama Watu Ulo merujuk pada sebuah rangkaian baru karang di sekitar pantai yang berbentuk memanjang seperti ular. Di sekitar pantai Watu Ulo terdapat pulau-pulau kecil yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi semakin menawan. Ada satu mitos yang beredar tentang pantai ini. Konon, dulu pantai ini merupakan tempat tinggal ular raksasa pemangsa bernama Nogo Rojo. Datanglah ke pantai dan temukan keunikan batu-batu yang menjadi daya tarik pantai Watu Ulo.

Baca Juga : Objek Wisata Paling Keren di Sidoarjo

3. Pantai Papuma

Pemandangan di pantai Papuma ini sungguh keren dan bikin speechless. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang bergulung-gulung memamerkan keindahannya. Yang menjadi daya tarik dari pantai berpasir putih ini adalah keberadaan batu-batu karang di pinggiran pantai yang membuat pemandangan disana semakin aduhai.

Keindahan pantai ini bisa kita lihat melalui sebuah bukit bernama Siti Hinggil. Dari sini, pemandangan pantai Papuma terlihat lebih indah dan bisa membuat mata tak mau berkedip barang sedetik. Pantai Papuma berada di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan. Sekitar 45 km dari kota Jember.

4. Pantai Puger

Berikutnya ada pantai Puger. Sebuah pantai dengan deburan ombak yang cukup besar. Pantai ini merupakan tempat pelelangan ikan yang ada di Jember. Pantai Puger merupakan salah satu pantai yang menjadi pusat kegiatan nelayan yang cukup ramai.

Di pantai Puger kamu bisa melihat kehidupan para nelayan pasca melaut. Di pantai ini kamu juga bisa mendapatkan ikan-ikan segar dari para nelayan. Pantai ini memang tak seindah pantai Papuma. Namun, menyaksikan kehidupan para nelayan pasca melaut merupakan pengalaman yang cukup berharga.

Baca Juga : Pantai Jonggring Saloko, Pantai Para Petualang Sejati

5. Pantai Bandealit

Bandealit merupakan pantai yang berada di kawasan Taman Nasinal Meru Betiri. Lokasi pantai ini berada di Jember bagian selatan. Di pantai Bandealit kamu akan mendapatkan suasana yang lebih dari sekedar pantai. Ada sebuah penangkaran rusa yang berada di sekitar pantai Bandealit yang menjadi daya tarik lain.

Di sekitar pantai Bandealit ini terdapat sebuah muara sungai yang konon cukup aneh. Karna, air di muara sungai yang mirip danau ini akan surut pada pada musim hujan dan begitu sebaliknya, volume airnya akan bertambah saat musim kemarau. Di sekitar muara sungai tumbuh vegetasi mangrove yang sangat indah. Ada sebuah penginapan di sekitar muara sungai ini. Penginapan tersebut menghadap ke hutan mangrove sehingga suasana dan pemandangannya sangat unik.

6. Jember Fashion Carnaval

Bergeser ke kota. Seperti yang sudah disinggung diatas, Jember punya sebuah agenda tahunan yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata. Agenda tersebut adalah Jember Fashion Carnaval yang rutin diadakan setiap tahun sejak 2001. Festival ini mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya, tergantung dari trend yang sedang berkembang.

Venue carnaval berada di jalan utama kota Jember. Festival ini mirip dengan Solo Batik Carnival yang juga merupakan agenda tahunan. JFC sering menjadi ajang untuk memperkenalkan pakaian-pakaian adat daerah di Indonesia. Tak cuma dari Indonesia, trend fashion dunia juga sering dijadikan kostum untuk dipamerkan. Buat kamu para penggemar fotografi, JFC bisa menjadi objek menarik untuk kamu buru.

Baca Juga : Tips Liburan Saat Musim Hujan

7. Situs Duplang

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki sejarah yang sangat panjang dan kompleks. Tidak hanya sejarah tentang penjajahan yang mencapai ratusan tahun, namn juga sejarah tentang Indonesia pada masa jauh sebelum penjajahan. Indonesia dipercaya sebagai negara dimana pernah hidup sekumpulan manusia purba. Sebagai buktinya, banyak situs-situs purba yang ditemukan di Indonsia. Selain Situs Sangiran yang berada di Jawa Tengah, salah satu situs lainnya yang menjadi bukti tersebut adalah Situs Duplang yang ada Jember.

Di Situs Duplang terdapat berbagai benda purba zaman megaliticum seperti kubur batu, batu kenong, dan menhir. Menurut pak Darman, juru pemelihara situs Duplang, situs ini sudah ada sejak tahun 4 Masehi. Situs ini juga cukup sering dikunjungi oleh mahasiswa dan juga peneliti untuk melakukan penelitian.

8. Taman Botani Sukorambi

Mahasiswa Biologi pasti akan sangat datang ke tempat ini. Taman Botani Sukorambi merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan ratusan jenis tamanan bunga dan herbal. Namanya juga taman botani, bermacam-macam tananan terdapat di tempat ini. Taman Botani Sukorambi sebuah taman yang memiliki luas sekitar 4,5 ha.

Di Taman Botani Sukorambi kamu bisa menemukan lebih dari 300 spesies tanaman herbal dan juga lebih dari 200 jenis bunga. Selain tanaman sebagai objek utama, di taman ini juga dibangun beberapa fasilitas lain sebagai pendukung antara lain kolam ikan, kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, kafe serta perpustakaan yang memiliki 500 judul buku dan jurnal.

9. Air Terjun Tancak

Beralih ke wisata air terjun. Di Jember ada sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 82 meter. Air terjun ini berada di lereng gunung Argopuro pada ketinggian sekitar 900 mdpl sehingga bisa dibayangkan kesejukan udara di sekitar sana. Nama air terjun ini adalah Air Terjun Tancak.

Lokasi air terjun Tancak berada di desa Panti kecamatan Panti. Sekitar 16 km dari kota Jember. Air terjun Tancak berada di sekitar kawasan perbukitan Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang. Mendengarkan gemuruh air yang jatuh dari ketinggian merupakan sebuah ketenangan tersendiri. Selalu menyenangkan untuk menyaksikan air terjun jatuh dari ketinggian di alam terbuka.

Baca Juga : 9 Air Terjun Menawan di Malang

10. Kawasan Rembangan

Di Jember ada sebuah kawasan pegunungan yang memiliki hawa yang sangat sejuk dan sangat pas dijadikan tempat wisata untuk sejenak mengusir penat. Tempat wisata ini adalah kawasan Rembangan. Suasananya kira-kira mirip daerah-daerah pegunungan pada umumnya. Di kawasan ini banyak terdapat objek yang cukup menarik seperti kolam renang, hotel, taman bermain, restaurant, area perkemahan, dan masih banyak lagi.

Kawasan Rembangan ini sangat cocok untuk tempat wisata keluarga. Dan juga sangat oke untuk seru-seruan bersama dengan teman-teman komunitas atau teman kuliah. Pemandangan di kawasan ini sangat keren. Ada perkebunan buah naga, perkebunan kopi dan pusat penelitian tanaman Anggrek yang dikelolah oleh Politeknik Negeri Jember. Jadi, tak kebayang bagaimana indahnya pemandangan dan suasana di kawasan Rembangan ini.

Sumber : Yukpiknik.com

Ingin berbagi cerita menarik seputar wisata?

Kirimkan ceritamu ke redaksi@planktontour.com


tour malang, paket tour malang, paket wisata di malang, trip malang, wisata baru di malang, paket wisata malang

About Author

client-photo-1
Plankton Tour & Travel
We are a travel & tour company based in Malang, Indonesia which delivers outstanding adventure travel experiences.

Comments

Februari 6, 2018
Indonesia memang indah...banyak sekali tempat tempat indah di Indonesia.....cuma sayang belum banyak yang tau tempat tempat indah itu... Makanya kita harus mempromosikan wisata di daerah tempat tinggal kita agar orang orang yang berada diluar daerah kita mengetahui bahwa ada tempat di daerah lain yang indah Salam pariwisata dari Makassar
Februari 7, 2018
Terimakasih telah mampir Mari kita promosikan wisata di Indonesia bersama-sama Salam pariwisata dari Malang -Best Regard, Plankton Tour and Travel-

Tinggalkan Balasan