9 Tempat Wisata di Kediri Ini Wajib Kamu Datengi

Paket Wisata Malang – Provinsi Jawa Timur ternyata memiliki banyak sekali kota dengan potensi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Kota Kediri. Kabupaten yang terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya ini punya sejarah yang cukup panjang, sebut saja kisah Ken Arok dan Ken Dedes yang juga berasal dari sini. Yap, kota terbesar nomor 3 di Jawa Timur ini dikenal sebagai pusat industri gula dan rokok. Walaupun begitu, Kediri juga menyimpan banyak sekali tempat wisata keren yang wajib kamu kunjungi.

 Apa saja tempat wisata yang ada di Kediri? Yuk, saja simak ulasan berikut ini.

1. Nikmati Panorama Kota Kediri dari Atas Ketinggian Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung api paling aktif di Indonesia selain Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta. Terakhir kali, gunung ini meletus pada tahun 2014 lalu. Hingga kini, banyak wisatawan yang mengunjungi gunung ini karena pemandangannya yang cantik dan indah. Para wisatawan yang datang ke gunung ini bukan hanya pendaki, namun juga wisatawan biasa. Kamu bisa mencapai ketinggian gunung ini dengan memakai kendaraan, karena jalannya sudah beraspal dan cukup baik untuk dilalui.

Nah, buat kamu yang ingin memasuki wilayah ini, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000,00/ pengunjung. Biasanya, untuk anak-anak tidak dipungut biaya, hanya untuk orang dewasa saja. Pembayaran ini dilakukan di portal masuk ketika memasuki Gunung Kelud dan kamu harus membayar biaya parkir kendaraanmu sebesar Rp 2.000,00 (motor) dan Rp. 10.000,00 (mobil).

2. Tak Lengkap Rasanya Kalau Kamu Belum Menceburkan Diri di Kediri Waterpark

Ya, siapa sangka, ternyata Kediri memiliki waterpark dengan papan luncur paling panjang di Indonesia. Adalah Kediri Waterpark yang letaknya 15 km dari pusat kota Kediri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga, apalagi dengan rombongan saudara, atau dengan si doi yang selalu setia menemanimu.

Ada banyak wahana bermain yang bisa kamu nimati di sini. Mulai dari kolam renang sampai dengan kolam bermain yang seru. Untuk bisa masuk ke salah satu tempat wisata di Kediri yang paling populer ini, kamu harus membayar seharga Rp. 50.000,00 untuk hari Senin hingga Jumat, dan Rp. 70.000,00 untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Dan, untuk anak dengan tinggi di bawah 120 cm ada harga khusus, yakni hanya Rp. 15.000,00 saja. Eiittss, tapi kamu jangan ngaku-ngaku jadi anak kecil, ya.

Baca Juga : Mau Kencan Saat Traveling, Ini Tips Jitunya

3. Lengkapi Wisatamu di Goa Selomagleng

Kalau kamu pengin berkunjung ke goa ini, letaknya sekitar 7 km dari pusat Kota Kediri, atau tepatnya di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri. Pada jaman dahulu kalau, gua ini merupakan tempat yang digunakan oleh Dewi Kilisuci, putri dari Raja Erlangga untuk mengasingkan diri dan juga untuk bertapa.

Menurut cerita, Dewi Kilisuci pernah menolak tahta kerajaan yang diberikan kepadanya, sehingga kemudian sang dewi berusaha mengasingkan diri. Bukti keberadaannya pun bisa terlihat dari relief yang terdapat di dalam atau di luar dinding gua. Maka tak heran jika goa ini memiliki nilai sejarah tersendiri.

Nah, untuk biaya masuknya pun tergolong murah. Kamu cukup membayar seharga Rp. 8.000,00/ orang, dan sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan roda 2. Kalau kamu membawa mobil, kamu akan dikenai biaya parkir tambahan sebesar Rp. 3000,00. Gimana, mau mengasingkan diri di sini?

4. Goa Surowono Ini Juga Perlu Kamu Jajal, Sob

Goa Surowono terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Ya, ada sesuatu yang berbeda dari goa yang lebih cocok disebut sebagai lorong sempit dengan konstruksi lebar ± 80 cm dan panjang ± 100 meter ini. Tidak seperti goa-goa pada umumnya, Goa Surowono ini hanya memiliki lorong sempit yang hanya bisa dimasuki satu orang saja. Nah, jika kamu ingin masuk ke lokasi ini, tentu kamu harus rela bergantian.

Harga tiket masuk goa ini sebesar Rp 5000,00. Dan kamu juga dianjurkan untuk membayar jasa guide seharga Rp 5000,00. Sebab katanya, kalau kamu tidak memakai jasa guide, maka kamu bisa nyasar di sini. Karena memang, goa ini memiliki banyak cabang jalan. Selain itu, goa ini juga dialiri air yang cukup jernih, sehingga kamu pun bisa basah-basahan di tempat ini.

Baca Juga : 8 Cara Agar Foto Liburan Kamu Ala Selebgram

5. Sumber Ubalan: Lokasi yang Cocok Banget Buat Ngadem di Kediri

Nah, kalau kamu nyari tempat wisata yang berhubungan dengan mandi-mandian, eh, maksudnya mandi beneran, maka kamu harus mencoba obyek wisata Sumber Ubalan ini. Lokasinya berjarak sekitar 18 km di sebelah timur kota Kediri. Atau tepatnya di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Ya, obyek wisata ini merupakan kawasan hutan lindung yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat sekaligus rekreasi. Ada banyak wahana bermain yang cocok untuk anak-anak dan dewasa, seperti kolam renang, sepeda air, kolam pancing, dan panggung hiburan. Untuk masuk ke lokasi ini, kamu diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 7500,00/ orang. Biaya parkirnya sebesar Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil). Kamu siap mandi-mandian, Sob?

6. Rasakan Kemurnian Air Terjun Tretes

Lokasi Air Terjun Tretes ini terletak di perbatasan antara Kota Kediri dan Jombang. Persisnya beradai di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Air Terjun Tretes ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur, yakni dengan ketinggian 158 meter. Wow, amazing sekali kan, Sob?

Yap, keindahan alam yang mengelilingi Air Terjun Tretes ini tak perlu kamu ragukan lagi. Selain memiliki ketinggian yang minta ampyuuun banget, obyek wisata ini juga memiliki dua aliran air terjun sekaligus.  Keistimewaan lainnya adalah terletak di ketinggian 1250 mdpl dan merupakan hulu sungai Sumber Watu Bonakah. Curah hujan di kawasan ini berkisar 5.856 mm/th. Sedangkan suhu rata-ratanya mencapai 24 ° C. So, siapkan jaket dan jas hujan, ya, Sob.

Nah, untuk biaya masuknya sendiri sudah dipatok dengan harga Rp. 7000,00/ orang, lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

Baca Juga : Tempat Wisata Paling Hits di Banyuwangi

7. Kurang Puas? Nih Masih Ada Air Terjun Irenggolo

Air terjun ini terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Atau berjarak sekiranya 28 km ke arah barat daya dari Kota Kediri. Yap, estimasi waktu yang akan kamu tempuh sekitar 30 menit saja. Akses menuju air terjun ini relatif mudah dengan kondisi jalan yang mulus dan bisa ditempuh dengan segala macam kendaraan hingga di kawasan wisata air terjun tersebut.

Perjalanan menuju air terjun ini bisa dimulai dari kota Kediri di mana pertama-tama menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung (tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan), dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki.

Air Terjun Irenggolo berada di Kawasan Wisata Besuki yang terletak di ketinggian 1200 mdpl. Tumpahan airnya sekitar 80 meter dengan bentuk trap-trap mini dan pemandangan alam yang indah dengan suhu sekitar 18 Celcius. Oke, untuk tiket masuknya seharga Rp. 5000,00/ orang.  Sedangkan biaya parkirnya sebesar Rp. 2000,00/ kendaraan roda dua.

8. Lihat Pesona Air Terjun Dolo

Obyek wisata di Kabupaten Kediri ini terletak di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Nah, jika kamu berangkat dari pusat Kota Kediri, maka kamu akan menempuh jarak sekitar 25 km. Lokasinya yang berada di ketinggian 1800 mdpl, membuat obyek wisata ini berhawa sejuk.  Bahkan, ketinggian Air Terjun Dolo ini mencapai 125 meter.

Selain itu, tempat wisata ini juga mempunyai beberapa fasilitas pendukung yang meliputi area berkemah, taman bermain, area jogging, dan lain sebagainya. Untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 5000,00/ orang. Sanggup kan dateng ke sini?

Baca Juga : Pantai Ngliyep yang Elok dan Magis

9. Untuk Mengakhiri Jalan-jalanmu, Kamu Harus Mampir di Monumen Simpang Lima, Kediri

Kalau di Paris ada Arc de Triomphe, maka di Kediri ada juga Monumen Simpang Lima Gumul, atau yang sering disingkat menjadi MSLG. Bangunan ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008. Masih terbilang baru, sih. Tapi ketenarannya sudah dikenal se-Indonesia. Apalagi buat kamu yang suka hunting foto, lokasi ini cocok sekali lho untuk memuaskan hobi fotografimu. Selain itu, MSLG ini juga menjadi tempat nongkrong yang hits baru-baru ini. Nama simpang lima sendiri disebabkan karena bangunan ini terletak di persimpangan 5 jalan, yakni Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren dan Plosoklaten. Siap berburu foto, Gaes?

Sumber : DT. Jatmiko, Kontributor ngadem.com

Ingin berbagi cerita menarik seputar wisata?

Kirimkan ceritamu ke redaksi@planktontour.com


tour malang, paket tour malang, paket wisata di malang, trip malang, wisata baru di malang, paket wisata malang

About Author

client-photo-1
Plankton Tour & Travel
We are a travel & tour company based in Malang, Indonesia which delivers outstanding adventure travel experiences.

Comments

kaffeevollautomat
Maret 19, 2018
Thank you for the chapter!

Tinggalkan Balasan