Berkunjung ke Istana Negara, Apa Saja Syaratnya?

Plankton Tour – Bukan tamu negara saja, masyarakat juga boleh hadir dan berkunjung di Istana Merdeka. Istana Merdeka memang menjadi tempat untuk melakukan syukuran atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu Istana Merdeka juga sebagai tempat berlangsungnya kegiatan Kepresidenan. Sudah mulai banyak pengunjung sejak tahun lalu, kini bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Istana Merdeka ada prosedur yang harus diikuti.

Jika ingin berkunjung ke Istana Merdeka, pengunjung dapat langsung datang dan mendaftar di pos pendaftaran yang telah disediakan. Kebijakan ini hanya berlaku di Istana Kepresidenan pusat berbeda dengan istana daerah.

Jam Buka

via travel.kompas.com
via travel.kompas.com

Untuk sementara, Wisata Istana akan dibuka pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Menurut website resmi dari Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia pendaftarannya akan ditutup pukul 15.00 WIB.

Jika nanti ada kegiatan Presiden yang dilaksanakan di Istana Merdeka pada saat bersamaan, maka tur ini akan ditutup untuk sementara.

Baca Juga : 5 Tipe Wisatawan Indonesia, Kamu yang Mana?

Demikian juga jika terjadi hujan. Pemandu wisata sudah disiapkan dan dididik secara khusus untuk memandu pengunjung. Mereka direkrut dari Kowad, Kowal, Wara, dan Polwan, sejumlah 18 orang.

Syarat Masuk Istana Negara

via okezone.com
via okezone.com

Kunjungan ini akan melewati bagian Istana Merdeka dengan aturan tidak mengganggu kerja Presiden dan perangkatnya, serta tidak mengkompromikan keamanan Presiden, Ibu Negara, dan keluarganya.

Dalam tur ini, pengunjung akan diajak untuk melihat halaman depan kantor presiden, koridor samping wisma negara, dan masih banyak tujuan yang lainnya.

Yang harus disiapkan saat terkunjung ke Istana Merdeka adalah kartu identitas asli (KTP, Kartu Pelajar/Mahasiswa, Paspor, atau ID), berpakaian rapi (tidak memakai jeans, celana pendek, kaos oblong dan sandal, kecuali anak dibawah 12 tahun dan berseragam sekolah).

Tata Tertib di Istana Negara

via msn.com
via msn.com

Pengunjung diwajibkan untuk berperilaku sopan dan menghargai lingkungan Istana Kepresidenan sebagai tempat tinggal Presiden dan keluarganya, serta tempat kerja presiden sehari-hari.

Pengunjung wajib mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh Istana Kepresidenan Pengunjung wajib memenuhi pengaturan yang dilakukan oleh petugas.

Tata tertib yang diberlakukan bagi pengunjung wisata Istana seperti dilarang membawa senjata api, senjata tajam, bahan peledak dan benda-benda lain yang membahayakan.

Pengunjung juga dilarang membawa tas, makanan, minuman di dalam lingkungan Istana Kepresidenan. Pengunjung juga dilarang untuk merokok di dalam lingkungan Istana.

Baca Juga : Rute dan Tiket Masuk Hutan De Djawatan Banyuwangi

Pengunjung tidak boleh mengaktifkan dan menggunakan handphone selama berada dalam lingkungan Istana.

Dilarang menggunakan kamera di dalam lingkungan Istana, kecuali oleh fotografer resmi Istana. Dilarang melakukan aktivitas politik dalam bentuk apapun selama mengikuti tur.

Pengunjung yang datang ke wilayah Istana Merdeka tidak boleh melakukan orasi atau demonstrasi, menggelar poster atau spanduk, atau penyebaran pamplet selama melakukan tur.

Dilarang menggunakan busana atau atribut dengan tulisan, atau gambar, atau simbol, atau bentuk yang patut diduga sebagai perwujudan aturan sebelumnya.

Dilarang membuat keributan, kegaduhan, keonaran di dalam lingkungan Istana.

Sumber : Kompas Travel | Penulis Yana Gabriella Wijaya | Editor Wahyu Adityo Prodjo

Ingin berbagi cerita menarik seputar wisata?

Kirimkan ceritamu ke redaksi@planktontour.com


istana negara, istana presiden, istana merdeka, rumah presiden, wisata jakarta, tips wisata

About Author

client-photo-1
Plankton Tour & Travel
We are a travel & tour company based in Malang, Indonesia which delivers outstanding adventure travel experiences.

Comments

Tinggalkan Balasan