Destinasi Unik di Labuan Bajo, Ada Gua Ular

Via blog.pergi.com
Via blog.pergi.com

Plankton Tour – Pamor Labuan Bajo sebagai destinasi wisata makin cemerlang, apalagi setelah banyak pesohor dunia datang ke sana. Desa yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, kini menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas.

Keindahan alam dan keramahtamahan penduduk sekitar menjadi daya tarik. Tapi yang paling utama adalah keberadaan komodo, reptil kuno yang menjadi hewan endemik di sana. Banyak wisatawan berbondong-bondong untuk melihat langsung aksi hewan karnivora itu.

Tapi, Labuan Bajo tak hanya itu. Masih ada sederet destinasi wisata unik yang belum banyak dieksplorasi. Apa saja?

1. Pemandangan Apik Bukit Sylvia

Via travel.tempo.co
Via travel.tempo.co

Salah satu dataran tinggi yang menawarkan pemandangan laut paling apik di Labuan Bajo adalah Bukit Sylvia. Dari atas Bukit Sylvia, wisatawan dapat melihat tempat singgah kapal nelayan sampai kapal pesiar dari luar negeri. Hal ini juga menjadi daya tarik Labuan Bajo yang merupakan wisata mewah di Indonesia.

Bukit Sylvia dapat ditempuh dari Pelabuhan Bajo, dengan berjalan kaki maupun menggunakan transportasi umum di sana, seperti angkot dan ojek. Jika berjalan kaki, wisatawan dapat memakan waktu sekitar setengah jam. Jika naik transportasi umum, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk sampai ke Bukit Sylvia.

Nama ‘Sylvia’ diambil dari sebuah hotel yang terkenal di daerah bukit, yaitu Sylvia Resort. Awalnya, Bukit Sylvia hanya dikunjungi para wisatawan yang menginap di hotel, dan kemudian baru eksis semakin eksis dan sengaja dikunjungi sebagai destinasi wisata oleh para wisatawan. Bukit Sylvia juga sering disebut sebagai Bukit Cinta karena menghadirkan suasana romantis.

2. Kampung Ujung, Kampung Kuliner di Labuan Bajo

Via toreizen.wordpress.com
Via toreizen.wordpress.com

Kampung Ujung menjadi kampung kuliner yang dapat memanjakan lidah setelah berwisata. Bagi pecinya seafood, kampung ini adalah surga makanan yang tak boleh dilewatkan. Kampung Ujung menyajikan makanan dari hasil tangkapan laut dari nelayan sekitar. Mulai dari ikan, udang, cumi, dan lain sebagainya, makanan laut dihidangkan lengkap dengan sayur lalapan.

Baca Juga : 10 Kuliner Rekomendasi Dekat Stasiun Tugu Jogja

Kampung ini terletak di pesisir pantai sehingga akses transportasinya tidak sulit. Jika sampai di perkampungan kuliner ini, pengunjung akan mendapati warung-warung atau gerobak berjejer menunggu untuk disinggahi. Tak hanya makanan laut, di Kampung Ujung juga menyediakan makanan lain seperti olahan ayam dan sayur mayur.

Pemandangan saat menyantap hidangan di Kampung Ujung juga akan menambah selera makan, saat sore pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam di garis laut dengan jelas.

3. Gua Batu Cermin

Via merahputih.com
Via merahputih.com

Meski terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya, di darat Labuan Bajo wisatawan juga dapat menemukan hal yang tidak kalah mengagumkannya, seperti Gua Batu Cermin atau disebut pula Gua Cermin.

Di depan gua terdapat sebuah gapura kecil yang terbuat dari kayu dan bertuliskan ‘Welcome Batu Cermin’. Sepanjang jalan menuju ke Gua juga sudah dilapisi con block sehingga nyaman dan aman untuk dilewati wisatawan. Untuk menuju Gua Batu wisawatan bisa menempuh dengan kendaraan roda dua atau empat dari Labuan Bajo.

Baca Juga : 5 Tipe Wisatawan Indonesia, Kamu yang Mana?

Konon jutaan tahun lalu, Gua Cermin ini berada di dasar laut. Namun, akibat aktivitas gempa bumi yang terjadi wilayah itu akhirnya membuat gua menjadi naik ke atas dan kini posisinya lebih tinggi dari pantai.

Hal ini pernah diteliti oleh seorang arkeolog yang juga pastor asal Belanda bernama Theodore Verhoven. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa ada sejumlah fosil yang membuktikan bahwa dulunya gua itu berada di bawah laut.

Next : Gua Ular yang Bikin Penasaran

Previous
1
2
Next

About Author

client-photo-1
Plankton Tour & Travel
We are a travel & tour company based in Malang, Indonesia which delivers outstanding adventure travel experiences.

Comments

Tinggalkan Balasan